The Ünal Batter Recipe

So setelah agak lama tidak mengisi blog di bagian “Yum Yum Reviews” , saatnya mengupdate lagi dengan #ResepAsikFajri! Sebenarnya sejak terakhir menulis di bagian “Yum Yum Reviews” delapan tahun lalu, sebenarnya ada banyak resep-resep yang asik yang gw coba dan modifikasi tapi hati nggak tergerak untuk masukin blog. Tapi gara-gara murid gw (namanya Adienda, thanks lol) tiba-tiba tergerak untuk dimasukkan di blog lagi :3

So, ini adalah resep wet batter (tepung basah) untuk menggoreng dan ia sangat versatile untuk apa saja. Pertama gw bikin adalah beberapa minggu lalu ketika istri kepingin makan Fish n Chips akhirnya ya karena gw cinta juga kepengen jadilah gw baca beberapa resep wet batter. Setelah melalui studi komparatif dan ijtihad yang panjang, terciptalah Ünal Batter! Namanya kami ambil dari nama Turki anak kami, yaitu Ünal Efendim 😍

Gimana resepnya? Nah, persiapkan bahan-bahan berikut ini:

CAMPURAN BATTER:

  1. Komponen utama: Tepung terigu + Corn Starch dengan rasio 1:1
  2. Garam
  3. Black Pepper
  4. Garlic Powder
  5. Bubuk all-spice
  6. Rempah cajun
  7. Bubuk paprika
  8. Bubuk cabe

.

BAHAN LAIN

  1. Soda water
  2. Minyak goreng
  3. Ayam, ikan, daging, atau apapun yang mau digoreng

Tips: Kalo mau goreng ayam, rendam bumbu (marinade) dulu dan simpan di kulkas minimum 15 menit. Bisa pake rendaman basah (air/butter milk [pilih salah satu!], ketumbar, garam, bawang putih uleg, kunyit), atau rendaman kering (garam aja oke). Tapi jangan lupa poin penting: sebelum dibalur wet batter, ayam harus dalam keadaan kering! Makanya untuk resep ini nampaknya lebih praktis pake rendaman kering. Kalo ikan ga perlu direndam.

.

CARA MEMBUAT

Step 1: campur semua bahan di atas.

Jumlah masing-masing bahan sesuai kebutuhan ya. Tergantung mau masak berapa banyak. Btw juga, yg di atas ga ada bubuk cabe-nya soalnya batch pertama buat Aafiq yang daya tahan pedasnya melampaui mayoritas anak usia 23 bulan tapi jelas belum segila bapak ibunya.

.

Step 2: tambahkan soda water sambil diaduk-aduk sampai rata dan kental.

Sayangnya nggak bisa masukin video untuk menunjukkan kekentalannya

Intinya sih kalo gw sukanya kentel buwanget. Terserah kalo nggak mau terlalu kental tapi jangan terlalu encer juga ya.

.

Step 3: Siapin benda yang mau digoreng, celupin sampe terbalut sempurna.

Kali ini gw pake filet dada ayam

Sebenernya pengennya pake filet paha atas ayam, terakhir bikin pake itu ya Allah enak banget… tapi semalam beli bahan kok paha atasnya habis dan udah keburu gak sabar mau bikin konten jadi yaudah deh.

.

Step 4: isi wajan dengan minyak lalu nyalakan api sedang.

Tips untuk cek apakah minyak udah panas: masukin ujung sumpit kayu atau solet kayu, blebeg blebeg ga? Kalo iya, udah panas tuh. Bisa juga ditabur tepung dikit.

.

Step 5: masukin ayam (atau bahan apapun yang disiapin tadi) yang udah dibalur pake Ünal Batter ke dalam penggorengan.

Foto menggoreng filet paha atas pake Ünal Batter minggu lalu..

Tips penting: lay away. Kalo masukin barang ke minyak panas, letakkan dengan arah menjauh badan (bukan sebaliknya) untuk mengurangi kemungkinan kecipratan minyak panas.

Tips tambahan: untuk menggoreng filet ikan (ada yang pake buat filet ayam juga), sebelum dimasukkan ke wet batter sebaiknya dibaluri tepung kering dulu. Kalau nggak gitu, nanti wet batter akan susah nempel ke ikannya.

.

Step 6: Kalo udah mateng, sisihkan.

Tiriskan atau letakkan di atas kertas minyak. Enak banget dimakan pake saus. Sebenernya gw punya resep saus yang super enak yang istri gw selalu ketagihan dri dulu, tapi maap ya itu rahasia perusahaan ❤️❤️❤️

Final product kalo pake filet ayam (ada terong nyusup juga btw)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *